Wow Amazing Pelangi Indah Hadir saat Sunrise di Embung Ekowisata Gunungapipurba

creativeaja.com | Posted at Feb 21th, 2016| Sengkang Sulawesi | Report zainalarivin
Amazing....

Begitulah melihat  takjubnya  pesona keindahan alam di Indonesia. Ya..lagi  lagi wisata yang paling fenomenal Di Kabupaten Gunungkidul  Kecamatan Patuk  mulai di banjiri wisatawan. Dimana itu ? Jika para Travelling mania akan lebih mudah ingat ya ...dan catat posisi berada di  sebelah timur  Seribu Tower  julukan Desa Ngoro-oro  sekitar 1 km .
Wisata embung merupakan satu kawasan Desa Wisata Ekowisata  www.gunungapipurba.com
Gunung Nglanggeran dan kini lebih dikenal dengan sebutan Gunung Api Purba. Secara fisiografi Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Zona  Pegunungan Selatan Jawa Tengah-Jawa Timur (Van Bemmelen 1949) atau   tepatnya di Sub Zona Pegunungan Baturagung (Baturagung Range) dengan ketinggian 700 meter  dari permukaan  laut dan kemiringan lerengnya curam-terjal (>45%). Gunung Nglanggeran berdasarkan sejarah geologinya merupakan gunung api purba yang berumur tersier ( Oligo- Miosen) atau 0,6 – 70 juta tahun yang lalu.
Material batuan penyusun Gunung Nglanggeran merupakan endapan vulkanik tua berjenis andesit (Old Andesite Formation). Jenis batuan yang ditemukan di Gunung Nglanggeran antara lain breksi andesit,  tufa dan lava bantal.  Singkapan  batuan vulkanik klastik yang ditemukan di Gunung Nglanggeran  kenampakannya sangat ideal dan oleh karena itulah maka, satuan batuan yang ditemukan di Gunung tersebut menjadi  lokasi tipe (type location)  dan diberi nama Formasi Geologi Nglanggeran.
Beberapa bukti lapangan  yang menunjukkan bahwa dahulu pernah ada aktivitas vulkanis  adalah banyaknya batuan sedimen vulkank klastik seperti batuan  breksi andesit, tufa dan  adanya aliran lava andesit di Gunung  Nglanggeran. Bentuk kawah Gunung Api Purba Nglanggeran dapat ditemukan di puncak Gunung Nglanggeran.

14 Februari 2016 
Saat orang sibuk dan memilih acara valentine yang kurang mendidik., team creativeaja.com justru berburu keindahan  dengan tujuan agar kita lebih bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan kepada  manusia dan alam. Ya tanggal 14 Februari 2016 bertepatan dengan  hari minggu team creativeaja berhasil mengambil moment  yang luar biasa indahnya. Berangkat jam 05:00 wib menuju kawasan  embung berbekal camera  dan Jaket. Setelah team sampai dilokasi kami  menunggu moment sunrise di sisi timur. Ya Alhamdulillah berkat kesabaran team creativeaja.com berhasil mengabadikan  moment luar biasa sunrise disertai dengan panorama pelangi yang sangat indah. (za).

Gardu Pandang Mangol Kencono Gunung Kidul membuka mata dunia

Pesona Sunrise di Mangol Kencono Gunungkidul