Gardu Pandang Mangol Kencono Gunung Kidul membuka mata dunia

Berburu Sunrise Terindah di Bulan Ramadhan

creativeaja.com | Posted at Juli 3th, 2015| Gunungkidul | Report zainalarivin

Sunrise bersama Mahasiswa Jogjakarta di Mangol Kencana photo Iwan
Kami mencoba Berburu sunrise di Gardu Pandang  Mangol Kencono bersama Photography Iwan Nugraha pada Hari Senin 22 Juni 2015. Berangkat sehabis Sholat subuh sekitar jam 05:00 wib, berangkat lebih awal dengan tujuan akan mendapatkan momentt yang paling menakjubkan saat posisi sunrise terbaik. Moment terbaik di dapat tersebut sebenarnya hanya sekitar 5-10 menit. Pada saat yang sama banyak juga pengunjung yang datang dari mahasiswa dan pelajar dari Kota Jogjakarta yang sengaja naik ke Bukit Patuk untuk mendapatkan moment Sunrise.
Beberapa Mahasiswa tampak mengabadikan dengan Camera Handphone, sembari mengucapkan Subhanallah, Allahu Akbar betapa Allah maha besar ciptakan keindahan ini, takjub dengan panorama keindahan Kota Jogjakarta, dan Pesona Gunung Merapi juga terlihat cukup jelas jika dilihat dari gardu pandang Mangol Kencana tersebut.

Demi keselamatan tetap harus hati-hati tetap berpegangan pada pagar yang terbuat dai besi baja, agar tidak terjatuh kebawah./jurang.
Pesona sunrise terbaik benar-benar kami dapatkan  pada pukul  jam 06.10 wib dengan angle yang cukup baik. Menurut  Iwan Nugraha kepada info.creativeaja.com mengatakan " Komposisi warna pada saat sunrise ini sebenarnya masih belum maksimal, moment sunrise akan semakin bagus di dapatkan ketika sehabis Hujan karena kombinasi warna yang di dapatkan mempunyai variasi lebih banyak. 
Berikut Rute jika pengunjung ingin berkunjung di Gardu Pandang Ini.
1. Bandara Adi Sucipto-Giwangan-Patuk  
(Turun di Patuk Ojek ke Dusun Sumbertetes Mangol Kencono)
Dari bandara Adi Sucipto naik Bus Trans Jogjakarata di Halte Maguwoharjo Tarif Rp.3600 Turun Giwangan. Naik Bus Jurusan Wonosari Turun di Patuk Tarif Rp.7000 . Naik Ojek ke Mangol Kencono Rp.10.000. atau bisa naik Taxi langsung.
2. Stasiun TUGU Malioboro-Giwangan-Patuk  
Dari Malioboro Bus Trans Jogjakarata Tarif Rp.3600 Turun Giwangan. Naik Bus Jurusan Wonosari Turun di Patuk Tarif Rp.7000 . Naik Ojek ke Mangol Kencono Rp.10.000. atau bisa naik Taxi langsung.
3. Prambanan-Piyungan-Patuk  
Dari Candi Prambanan Naik Bus Turun Piyungan. Naik Bus Jurusan Wonosari Turun di Patuk Tarif Rp.7000 . Naik Ojek ke Mangol Kencono Rp.10.000. atau bisa naik Taxi langsung.
Untuk saat ini Retribusi masuk di Gardu Pandang masih Free.
 Harapan Pengunjung Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bisa memberikan fasilitas umum demi kemajuan di Gardu Pandang Mangol Kencono.
   (red za)